Lisa, Nadilla Triana and Agustinsa, Ringki and Susanto, Edi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK SMPN 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
A1C020054 Nadilla Triana Lisa Skripsi - Nadila Trilili.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think
Pair Share terhadap kemampuan representasi matematis ditinjau dari Self-efficacy
peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu
dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu tahun ajaran
2023/2024. Sampel dalam peneitian ini adalah peserta didik kelas VII.8 yang
berjumlah 34 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VII.9 yang berjumlah 31
orang sebagai kelas eksperimen. Pelaksanaan penelitian dilakukan 3 kali
pertemuan pembelajaran untuk masing-masing kelas. Pengumpulan data
dilakukan dengan instrumen tes soal kemampuan representasi matematis dan
angket Self-efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) terdapat pengaruh
model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan representasi
matematis peserta didik; 2) terdapat pengaruh Self-efficacy terhadap kemampuan
representasi matematis peserta didik; 3) terdapat perbedaan kemampuan
representasi matematis peserta didik Self-efficacy tinggi antara model
pembelajaran Think Pair Share dan model konvensional; 4) terdapat perbedaan
kemampuan representasi matematis peserta didik Self-efficacy sedang antara
model pembelajaran Think Pair Share dan model konvensional; 5) tidak terdapat
perbedaan kemampuan representasi matematis peserta didik Self-efficacy rendah
antara model pembelajaran Think Pair Share dan model konvensional.
Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Self-efficacy, Think Pair
Share
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
| Depositing User: | septi |
| Date Deposited: | 18 Oct 2024 04:34 |
| Last Modified: | 18 Oct 2024 04:34 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22644 |

