PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Yanti, Arsya Viandra and Yensy, Nurul Astuty and Siagian, Teddy Alfran (2024) PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
ARSYA VIANDRA YANTI_A1C018044_SKRIPSI - Arsya Viandra Yanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh tingkat kemampuan
awal dan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar
peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan
desain penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota
Bengkulu tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling, dimana kelas VIII
E berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan
model Pembelajaran Problem Based Learning dan kelas VIII B berjumalah 30
peserta didik sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran
Konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes
kemampuan awal dan lembar tes hasil belajar (posttest) yang berbentuk soal
uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik
kelas eksperimen adalah 68,53 dan kelas kontrol adalah 57,67. Kemudian
dilakukan uji F untuk mengetahui pengaruh simultan variabel bebas pada variabel
terikat diperoleh nilai yakni . sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan tingkat kemampuan awal
dan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta
didik di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kemampuan Awal, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:34
Last Modified: 18 Oct 2024 04:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22645

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200