Azalia, Belinda and Hanifah, Hanifah and Maulidiya, Della (2024) PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SPLDV UNTUK KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Belinda Azalia_A1C020005_Skripsi - Belinda Azalia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Kurang optimalnya proses pembelajaran dan penggunaan teknologi media
menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada materi SPLDV. Berdasarkan
wawancara dengan guru, rendahnya hasil belajar siswa pada materi tersebut
disebabkan oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis. Untuk
mengatasi masalah ini perlu mengembangkan elektronik Lembar Kerja Peserta
Didik (E-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi SPLDV
yang valid, praktis, dan efektif untuk melatih kemampuan pemecahan masalah
siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan Penelitian Desain pendidikan tipe
Development Study yang terdiri dari tiga tahapan: preliminary research,
prototyping phase, dan assessment phase. Instrumen penelitian meliputi pedoman
wawancara validasi, lembar kepraktisan, dan tes kemampuan pemecahan masalah
matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD valid karena dikonstruksi
sesuai dengan kebenaran isi dan tujuan pembelajaran, praktis karena memudahkan
guru dalam persiapan materi dan membuat suasana belajar menyenangkan bagi
siswa, dan efektif karena 91,7% siswa mencapai nilai di atas 75. Karakteristik
utama e-LKPD ini melibatkan tahap-tahap PBL yang melatih kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV. Tahap-tahap tersebut
meliputi orientasi siswa terhadap masalah dengan apersepsi kontekstual,
mengorganisasi belajar melalui diskusi, membimbing penyelidikan kelompok
dalam melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan mengembangkan dan
menyajikan hasil karya dengan pemeriksaan kembali temuan menggunakan
pertanyaan Polya. Hasilnya, e-LKPD berbasis PBL dapat menjadi media
pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa.
Kata kunci: LKPD, Problem Based Learning, Pemecahan Masalah
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 04:34 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 04:34 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22647 |