Dewi, Chintiya and Muchlis, Effie Efrida and Siagian, Teddy Alfran (2024) DIDACTICAL DESIGN RESEARCH (DDR) PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
CHINTIYA DEWI_A1C02009_SKRIPSI_PERPUSTAKAAN-Dikompres_compressed-dikompresidikompresi - Chintiya Dewi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain didaktis pada pembelajaran garis
singgung lingkaran yang dilatarbelakangi oleh hambatan epistemologi (learning obstacles).
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Didactical Design Reserch (DDR). Desain didaktis
dikembangkan melalui tiga tahapan. Pertama menyusun desaian awal berdasarkan hambatan
epistemologi yang ditemukan pada tes uji learning obstacles, kedua analisis
metapedadidaktis saat pembelajaran berlangsung, dan ketiga analisis retrospektif dengan cara
melakukan uji tes learning obstacles akhir pada kelas implementasi desain didaktis.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu pada kelas VIII A yang
berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima tipe learning
obstacles yang dialami siswa, yaitu: 1) learning obstacles terkait konsep garis singgung
lingkaran dan sifat-sifat garis singgung lingkaran, 2) learning obstacles terkait materi
prasyarat teorema pythagoras, 3) learning obstacles terkait materi prasyarat lingkaran, 4)
learning obstacles terkait dalam menyelesaikan soal-soal variasi materi garis singgung
lingkaran, dan 5) learning obstacles terkait cara melukis garis singgung lingkaran
berdasarkan kontruksi geometri. Berdasarkan hasil implementasi desain didaktis yang dibuat
dan hasil uji tes learning obstacles akhir, beberapa learning obstacles yang ditemukan
mengalami penurunan, namun masih terdapat beberapa learning obstacles yang masih
muncul. Adapun learning obstacles yang masih ditemukan adalah 1) learning obstacles
terhadap kemampuan pemahaman konsep indikator mengembangkan syarat perlu atau syarat
cukup suatu konsep, 2) learning obstacles terhadap kemampuan perhitungan dan operasi
matematis, dan 3) learning obstacles terhadap kemampuan menggambar garis singgung
lingkaran berdasarkan kontruksi garis singgung lingkaran. Maka desain didaktis awal ini
memerlukan desain didaktis revisi sehingga hambatan siswa yang masih muncul dapat
teratasi.
Kata Kunci : Didactical Design Research (DDR), Learning Obstacles,
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Desain Didaktis
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 04:34 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 04:34 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22648 |