PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION KONTEKS LEBONG UNTUK KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS X SMA

Vevryothama, Lucya Maharani and Maulidiya, Della and Susanto, Edi (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION KONTEKS LEBONG UNTUK KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS X SMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Lucya Maharani Vevryothama_A1C020007_Pendidikan Matematika_SKRIPSI. - Iqbal Martha Dimas.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Mengembangkan bahan ajar yang inovatif adalah salah satu cara untuk meningkatkan
kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) konteks Lebong untuk
kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi penyajian data kelas X SMA dan
menentukan lintasan belajar siswa. Penelitian ini mengkombinasikan design research
model Plomp dan Gravemeijer dengan tahapan, preliminary research, preparation for
the experiment, prototyping, design experiment and assessment, serta retrospective
analysis. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar
kepraktisan, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini menghasilkan
LKPD berbasis RME konteks Lebong yang sangat valid setelah melakukan revisi pada
37 aspek berdasarkan komentar dan saran validator serta siswa di tahap one to one.
LKPD ini berada pada kategori sangat praktis berdasarkan 13 aspek yang diisi oleh 34
siswa yang meliputi usefulness, ease of use, ease of learning, dan satisfaction dengan
nilai rata - rata 4,99. LKPD ini dinilai sangat efektif berdasarkan skor rata – rata hasil
pengerjaan soal siswa yaitu 85,72, ketuntasan belajar klasikal pada LKPD 1 dengan 29
dari 34 siswa berada pada kategori <Tuntas < dan LKPD 2 dengan 31 dari 34 siswa
berada pada kategori <Tuntas= dan rata-rata nilai siswa pada setiap indikator
kemampuan komunikasi matematis written text, drawing, mathematical expression
berada pada kategori minimal < Baik <. Lintasan belajar pada penelitian ini tidak
mengalami kendala yang cukup berarti, siswa dapat menyelesaikan masalah-masalah
yang diberikan sesuai dengan prediksi. Pembelajaran menggunakan LKPD ini dapat
menuntun siswa dalam memahami, menjelaskan, menyelesaikan, mendiskusikan dan
menyimpulkan pembelajaran sesuai dengan harapan.
Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Konteks Lebong, LKPD, Realistic
Mathematics Education.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:35
Last Modified: 18 Oct 2024 04:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22656

Actions (login required)

View Item
View Item