PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN EDFORM PADA MATERI PRISMA UNTUK KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Anshori, Muhamad Irfan and Yensy, Nurul Astuty and Stiadi, Elwan (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN EDFORM PADA MATERI PRISMA UNTUK KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Muhamad Irfan Anshori Skripsi (1) - MUHAMAD IRFAN ANSHORI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis (KPKM) pada materi geometri masih
rendah terlihat dari survei Trends in International Mathematics and Science Study
(TIMSS) peserta didik SMP/ MTs se-Kota Bengkulu tahun 2020 sebesar 36,39%.
Hal ini disebabkan kurangnya penerapan model pembelajaran yang dapat
membimbing peserta didik untuk memahami konsep matematis. Salah satu upaya
untuk meningkat KPKM geometri adalah melalui E-LKPD berbasis Discovery
Learning menggunakan EdForm pada materi prisma untuk kemampuan
pemahaman konsep matematis. Penelitian ini adalah penelitian desain model
Development Study dengan tahapan yaitu Preliminary Research, Prototyping
Phase, dan Assessment Phase. E-LKPD yang dikembangkan disesuaikan dengan
tahapan Discovery Learning yaitu Stimulasi, Identifikasi Masalah, Pengumpulan
Data, Pengolahan Data, Pembuktian, Kesimpulan. Tahapan Discovery Learning
juga disesuaikan dengan indikator pemahaman konsep. Instrumen penelitian ini
terdiri dari lembar validitas, lemmbar keterbacaan, lembar kepraktisan, dan tes
kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini menghasilkan E-LKPD
berbasis Discovery Learning menggunakan EdForm pada materi prisma untuk
kemampuan pemahaman konsep matematis memenuhi kriteria Valid berdasarkan
hasil perbaikan yaitu menggunakan bahasa yang disesuaikan dengan peserta didik
dan mudah dipahami, gambar yang digunakan yang disesuaikan dan memuat
alokasi waktu yang jelas pada setiap langkah-langkah discovery learning. E-LKPD
dikategorikan sangat praktis berdasarkan penilaian oleh pendidik dan peserta didik
pada tahap small group setelah perbaikan berdasarkan pengerjaan E-LKPD dan uji
coba pada satu kelas pada tahap field test yang cenderung sangat setuju. Potensi
efektivitas E-LKPD untuk kemampuan pemahaman konsep berdasarkan ketuntasan
belajar klasikal yaitu 88,24 % peserta didik memperoleh nilai ≥ 70 dengan
perolehan indikator KPKM paling tertinggi yaitu mengklasifikasikan objek
menurut sifat-sifat tertentu.
Kata Kunci: Discovery Learning, EdForm, Development Study, Pemahaman
Konsep

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:36
Last Modified: 18 Oct 2024 04:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22659

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200