Apriani, Mulya Sarti and Maulidiya, Della and Stiadi, Elwan (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ELEKTRONIK BERBASIS MODEL ARCS DESIGN DAN ANDROID ISPRING SUITE UNTUK TES KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BARISAN DAN DERET DI SMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Mulya Sarti Apriani-A1C020003-Skripsi - Mulya Sarti Apriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen elektronik berbasis model ARCS
design dan android isping suite untuk tes kemampuan pemahaman konsep barisan
dan deret SMA yang memenuhi kriteria valid, memiliki butir soal yang layak, dan
praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menerapkan
model pengembangan ADDIE meliputi tahap analisis, perancangan,
pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Instrumen penelitian ini terdiri dari
lembar validitas, lembar keterbacaan, lembar kepraktisan, dan soal tes kemampuan
pemahaman konsep matematis. Validasi produk dilakukan oleh dua validator untuk
butir soal dan satu validator untuk media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengembangan instrumen elektronik berbasis model ARCS design dan android
isping suite termasuk dalam kategori: (1) Instrumen dinyatakan valid secara logis
setelah melakukan perbaikan pada aspek materi berupa penghapusan dan
modifikasi opsi pilihan jawaban butir soal yang sesuai dengan indikator, sementara
pada aspek konstruksi perbaikan dilakukan dengan perbaikan kesalahan penulisan,
meringkas petunjuk, menyesuaikan perintah pengerjaan, dan menghapus petunjuk
yang tidak sesuai, (2) Instrumen tes memiliki butir soal yang layak dimana 20 soal
dinyatakan valid dengan reliabilitas sangat tinggi, indeks kesukaran diperoleh tujuh
soal mudah, sepuluh soal sedang, dan tiga soal sukar, daya pembeda terdapat
sebelas soal kategori sedang dan sembilan soal kategori baik, serta pengecoh yang
berfungsi dengan baik karena dipilih lebih dari 2% peserta tes, dan; (3) Instrumen
dinyatakan sangat praktis berdasarkan empat aspek penilaian use questionnaire
dengan rata-rata skor 85,99%.
Kata kunci : Isping Suite, Kelayakan Butir Soal, Model ARCS Design
Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 04:35 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 04:35 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22660 |