Saputra, Dery and Maulidiya, Della and Lestary, Ratnah (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MTs AL-HASANAH BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Ratnah [thumbnail of Ratnah]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
perpus besak (1) - 068 Dery Saputra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
kemampuan dalam menyelesaikan soal sangat berpengaruh terhadap hasil belajar
Peserta didik. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh berbagai faktor dalam
proses pembelajaran, seperti proses pembelajaran yang tidak menarik minat peserta
didik, peserta didik yang tidak berani bertanya serta kelompok diskusi yang belum
tepat. Hal tersebut mendasari penelitian ini yang bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajatran TPS
berbantuan geogebra. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIID
MTs Al-Hasanah Bengkulu Tengah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
adalah pengamatan, LKPD dan tes tulis. Hasil penelitian ini pada siklus I hasil
belajar peserta didik mencapai rata-rata 61,3 dan persentase ketuntasan belajar
24%. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata skor 19 dengan
kategori cukuo aktif. Pada Siklus II nilai rata-rata tes akhir siklus mengalami
peningkatan mencapai 80,896 dan persesntase ketuntasan belajar 76%. Aktivitas
belajar peserta didik pada siklus II juga mengalami peningkatan dengan rata-rata
skor 26 dengan kategori aktif. Hasil analisis hasil belajar. Jadi penerapan model
pembelajaran TPS berbantuan geogebra dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik.
Kata Kunci : Geogebra, Hasil belajar peserta didik, TPS.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 04:35 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 04:35 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22662 |