PENGEMBANGAN LKPD PROBLEM BASED LEARNINGBERBANTUAN GEOGEBRAUNTUK KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR KELAS XI SMA

Utami, Pipit and Maulidiya, Della and Mukhlis, Effie Efrida (2024) PENGEMBANGAN LKPD PROBLEM BASED LEARNINGBERBANTUAN GEOGEBRAUNTUK KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR KELAS XI SMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
PIPIT UTAMI_A1C020052_SKRIPSI - Marsya 1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah
peserta didik terutama pada materi turunan fungsi aljabar. Permasalahan
berdasarkan hasil obsevasi dan wawancara adalah pembelajaran yang masih
bersifat teacher center dan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Sehingga
peneliti menyarankan solusi untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik
dengan model Problem Based Learning menggunakan media Geogebra.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intervensi LKPD PBL Berbantuan
Geogebradalam kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian
dilaksanakan di SMAN 6 Kota Bengkulu pada semester genap tahun ajaran
2023/2024. Jenis penelitian ini adalah design research menggunakan metode
combination development studies dan validation studies. Tahapan penelitiannya
yaitu preliminary research, prototyping stage, design experiment dan
retrospective analysis. Hasil analisis masalah dari tahap preliminary research
dikembangkan pada tahap prototyping stage berupa Hypothetical Learning
Trajectory (HLT). HLT merupakan rancangan dugaan awal alur pembelajaran
yang selanjutnya diimplementasikan kedalam LKPD. Dilengkapi aplikasi
Geogebra yang sudah dirancang. LKPD sudah dinyatakan valid hingga tahap one�to-one. Pada tahap design experiment terdapat dua siklus penelitian. Siklus
pertama yaitu pilot experiment dengan subjek penelitian sembilan peserta didik
berkemampuan berbeda (tinggi, sedang, rendah). Hasil analisis pada tahap ini
menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan praktis berdasarkan wawancara
dan observasi. Siklus kedua yaitu teaching experiment yang melibatkan kelas XI
MIPA A sebanyak 32 peserta didik. Hasil analisis pada tahap ini menunjukkan
bahwa penerapan intervensi LKPD PBL Berbantuan Geogebradapat membantu
melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hasil akhir dari penelitian
ini didapatkan LKPD yang valid dan Actual Learning Trajectory (ALT). ALT
adalah alur pembelajaran sesungguhnya dari perbaikan pada HLT.
Kata Kunci: Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah, PBL

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:35
Last Modified: 18 Oct 2024 04:35
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22663

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200