Nurfadhillah, Alifah and Muchlis, Effie Efrida and Lestary, Ratnah (2024) ANALISIS LEARNING OBSTACLE PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT SEBAGAI HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY DI SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Revisi fikss bener-digabungkan-dikompresi - Alifah Nurfadhillah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh studi literatur dan hasil wawancara dengan guru
yang menunjukan banyaknya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal
persamaan kuadrat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hambatan
belajar siswa dalam materi persamaan kuadrat dan mengembangkan desain
Hypothetical Learning Trajectory (HLT) untuk mengatasinya. Penelitian
dilaksanakan di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu pada semester genap tahun ajaran
2023/2024 dengan dua kelompok subjek. Kelompok pertama terdiri dari siswa kelas
XI Mipa F berjumlah 31 orang yang menjadi fokus analisis learning obstacle,
sedangkan kelompok kedua terdiri dari siswa kelas Xk berjumlah 28 orang untuk
menerapkan desain awal HLT pada materi tersebut. Jenis penelitian yang digunakan
adalah Didactical Design Research (DDR) dengan metode kualitatif. Hasil analisis
Learning Obstacle awal teridentifikasi terkait materi persamaan kuadrat adalah
siswa masih salah saat menyelesaikan soal dengan memfaktorkan, masih salah
dalam memasukan nilai koefisien x pada rumus kuadratik, salah dalam
menyelesaikan soal rumus diskriminan, serta menentukan jenis akar persamaan
kuadrat. Siswa salah dalam menyelesaikan soal rumus jumlah dan hasil kali akar�akar persamaan kuadrat serta kesulitan dalam melakukan operasi hitungnya, dan
salah dalam menentukan persamaan kuadrat baru. Pada soal cerita penerapan
persamaan kuadrat, siswa masih salah dalam menentukan hal yang diketahui,
ditanya pada soal dan pemodelan persamaan kuadratnya. Desain awal dari
Hypothetical Learning Trajectory (HLT) berdasarkan learning obstacle yang
ditemui pada siswa kelas XI SMAN 6 Kota Bengkulu berupa pembelajaran
Cooperative Learning berbantuan LKPD yang terkategori sangat valid. Hasil
penerapan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) ini adalah siswa mampu
mengatasi Learning Obstacle awal, namun belum dapat mengatasi kesulitan pada
operasi pembagian bilangan bulat dalam mencari faktor-faktor persamaan kuadrat
dengan kuadrat sempurna. Sehingga desain akhir Hypothetical Learning Trajectory
(HLT) ditambahkan materi prasyarat mengenai operasi pembagian bilangan bulat.
Kata kunci: Didactical Design Research (DDR), Hypothetical Learning
Trajectory (HLT), Learning
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 04:35 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 04:35 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22664 |