PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA UNTUK KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

Sindiyani, Selly and Agustinsa, Ringki and Stanggo, Pratiwi Disha (2024) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA UNTUK KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI _Selly Sindiyani_A1C020025_Pend.Matematika - 025 Selly Sindiyani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Kurang optimalnya proses pembelajaran dan penggunaan bahan ajar
menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi statistika. Bahan
ajar yang digunakan kurang mampu membantu peserta didik dalam merumuskan
situasi secara matematis, menerapkan matematika, dan menafsirkan hasil
matematika. Untuk mengatasi permasalahan ini perlu adanya LKPD model
Problem Based Learning pada materi statistika di kelas VIII SMPN 17 Kota
Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini
merupakan design research (penelitian desain) dengan menggunakan tipe
development studies dengan menerapkan 3 tahapan, yaitu preliminary (penelitian
pendahuluan), prototyping (pembuatan prototipe) dengan menggunakan alur
formative evaluation (self evaluation, one-to-one, small group), assessment phase
(tahap penilaian). Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, lembar
kepraktisan dan soal tes kemampuan literasi matematis peserta didik. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD dengan model Problem
Based Learning memenuhi kategori Valid dari segi materi, konstruksi, bahasa dan
uji keterbacaan diperoleh dari hasil penilaian validator dan peserta didik terkait
dengan kesesuaian LKPD dengan materi ajar, kesesuaian dengan indikator literasi,
kesesuaian LKPD dengan PBL. Praktis berdasarkan penilaian beberapa kelompok
peserta didik yang diperoleh dari hasil penilaian kepraktisan terkait waktu
pengerjaan LKPD, langkah penggunaan LKPD. Efektif dari hasil ketuntasan
belajar peserta didik secara klasikal yaitu diperoleh 85,2% peserta didik tuntas
dengan nilai . Dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan dapat
meningkatkan kemampuan literasi peserta didik.
Kata kunci: LKPD, Literasi matematis, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:36
Last Modified: 18 Oct 2024 04:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22666

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200