PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Anugerah, Aisyah Firdah and Agustinsa, Ringki and Stiadi, Elwan (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI A1C020060 AISYAH FIRDAH ANUGERAH - Aisyah Firdah Anugerah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning
terhadap kemampuan pemahaman konsep dan Disposisi Matematis siswa.
Discovery learning telah diidentifikasi sebagai model pembelajaran yang
mendorong eksplorasi aktif dan pemahaman mendalam, yang dapat
mempengaruhi baik pemahaman konsep matematis maupun sikap siswa terhadap
matematika. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu
dengan desain penelitian Posttest only control design. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu Tahun Ajaran
2023/2024. Pada penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling
sehingga didapatkan kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen dan VII.6 sebagai kelas
kontrol dengan masing-masing kelas ada 30 siswa. Analisis data dilakukan
dengan uji-t dua sampel independen. Pada uji-t untuk hasil Post-Test kedua kelas
sampel dengan taraf signifikan (α = 0,05) didapat nilai
yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran
Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Pada uji-t untuk hasil angket disposisi matematis kedua kelas sampel dengan taraf
signifikan (α = 0,05) didapat nilai yang
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning
terhadap disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:51
Last Modified: 21 Oct 2024 01:51
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22667

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200