Abdullah, Aisyah Maghfirah and Yensy, Nurul Astuty and Lestary, Ratnah (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN KONTEKS BANGUNAN BERSEJARAH BENGKULU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI KUBUS DAN BALOK SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Aisyah Maghfirah Abdullah A1C020014 - Aisyah Maghfirah Abdullah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan
LKPD berbasis Discovery Learning dan penggunaan konteks dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan dari Penelitian ini yaitu
menghasilkan LKPD yang memenuhi kategori valid, praktis, dan memiliki
potensial efektivitas, serta memiliki kakrakteristik memecahkan masalah.
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu pada semester genap
tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah design research
menggunakan metode development studies. Hasil analisis masalah tahap
preliminary research dikembangkan pada tahap prototyphing stage berupa LKPD
dan tes kemampuan pemecahan masalah. LKPD dinyatakan sangat valid setelah
melalui perbaikan di tahapan expert review, yaitu dari aspek materi, aspek konstruk,
dan aspek bahasa, serta perbaikan pada tahap one-to-one. Pada tahap small group
LKPD diujicobakan pada peserta didik dengan kemampuan yang berbeda (tinggi,
sedang, rendah), dan diperoleh hasil bahwa LKPD praktis. Tahap assessment phase
dilakukan di kelas VIII D dan diperoleh hasil bahwa LKPD memiliki potensial
efektivitas terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik,
serta diperoleh bahwa respon peserta didik sangat baik pada proses pembelejaran.
Selain itu, LKPD memiliki karakteristik khusus yaitu terkait dengan penggunaan
masalah pada tahap stimulation dan problem statement yang menggunakan konteks
bangunan bersejarah yaitu benteng Marlborough dan museum rumah Fatmawati
dengan materi luas permukaan dan volume kubus serta balok.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 01:51 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 01:51 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22669 |