PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMPN 19 SELUMA

Pitriani, Lusi and Muchlis, Effie Efrida and Stiadi, Elwan (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMPN 19 SELUMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi Bismilah Sidang Ya Allah. (Autosaved) - Lusi Pitriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kamampun literasi matematis kelas VIII SMP Negeri 19 Seluma termasuk
rendah. Hal ini dibuktikan dari hasil tes awal literasi pada kelas VIII masih
tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh
dalam penerapan model pembelajaran problem based learning dengan flipped
classroom terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri
19 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain
penelitian Nonquivalent Posttest-Only Control Group. Populasi pada penelitian
ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 19 Seluma tahun ajaran
2023/2024. Sampel penelitian ialah VIII A dan VIII B yang diambil menggunakan
teknik Purposive Sampling yang artinya teknik pengambilan sampel dengan
pertimbangan tertentu, sampel tersebut terdiri dari pada jumlah seluruh kelas VIII
A dan VIII B. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes
literasi matematis yang berbentuk soal uraian. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa rata-rata hasil posttest eksperimen di atas kriteria ketuntasan sedangkan
posttest kelas kontrol di bawah kriteria ketuntasan, kemudian dilakukan uji mann
whitney dan diperoleh nilai signifikansi kurang dari taraf atau
, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
model pembelajaran problem based learning dengan flipped classroom terhadap
kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Seluma.
Kata Kunci: Literasi Matematis, Problem Based Learning Dengan Flipped
Classroom.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:51
Last Modified: 21 Oct 2024 01:51
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22672

Actions (login required)

View Item
View Item