PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENARIKAN KESIMPULAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING UNTUK KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA

Sari, Dina Manda and Rahimah, Dewi and Yensy, Nurul Astuty (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENARIKAN KESIMPULAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING UNTUK KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi Dina Manda Sari A1C020034 (2) (2) - Dina Manda Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis
Problem Based Learning dengan penarikan kesimpulan menggunakan Mind
Mapping untuk kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA yang
memenuhi kategori valid, praktis, memenuhi potensial efektivitas, dan mengetahui
kesulitan peserta didik dalam menggunakan LKPD. Jenis penelitian ini adalah
Design Research tipe Development Studies yang terdiri dari dua tahapan yaitu tahap
preliminary dan tahap formative evaluation (self evaluation, expert review, one to
one, small group, dan field test). Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas,
lembar kepraktisan, dan soal tes kemampuan pemahaman konsep matematika
siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis
Problem Based Learning dengan penarikan kesimpulan menggunakan Mind
Mapping termasuk dalam kategori : (1) Valid setelah melalui perbaikan di tahapan
expert review, yaitu dari aspek materi, aspek konstruk, dan aspek bahasa, serta
keterbacaan pada tahap one to one, (2) Praktis berdasarkan lembar kepraktisan
LKPD yang diujikan pada tahap small group, (3) Memiliki potensial efektivitas
terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik, (4) Terdapat beberapa
kesulitan peserta didik dalam penggunaan LKPD yaitu di antaranya peserta didik
bingung dalam memahami permasalahan soal cerita, kurang memahami diagram
pohon dalam menentukan himpunan kejadian, menentukan perhitungan frekuensi
harapan, dan membedakan rumus peluang kejadian saling lepas maupun tidak
saling lepas.
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Problem Based Learning, Mind
Mapping

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:51
Last Modified: 21 Oct 2024 01:51
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22674

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200