Alsamgi, Dean and Sumardi, Hari and Yensy, Nurul Astuty (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES FORMATIF MODEL PISA KONTEKS BENGKULU PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_A1C019039_Dean Alsamgi - 039 Dean Alsamgi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Matematika memiliki beragam konten dan konteks permasalahan, serta berbagai tes
untuk mengukur kemampuan. Salah satunya adalah tes PISA yang dikembangkan
oleh OECD. Indonesia secara konsisten berada di peringkat bawah dalam tes ini,
sehingga diperlukan pengembangan instrumen tes PISA dengan konteks daerah
untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Penelitian pengembangan ini
bertujuan menghasilkan instrumen tes formatif matematika model PISA dengan
konteks Bengkulu yang valid, reliabel, dan efektif dalam mengukur kemampuan
literasi matematika peserta didik. Penelitian ini menggunakan model 4D (define,
formulate, development, disseminate) dan melibatkan 32 peserta didik kelas VIII B
(uji coba) dan 28 peserta didik kelas VIII E (uji lapangan) di SMP N 11 Kota
Bengkulu. Hasil dari penelitian dan pengembangan instrumen tes formatif
matematika model PISA konteks Bengkulu memenuhi kriteria seperti berikut,
kualitas instrumen tes valid dan reliabel, valid dalam pengujian validitas ahli dan
validitas empiris dimana uji validitas ahli valid berdasarkan indeks Aiken’s v untuk
seluruh kategori (isi, konstrk, dan Bahasa) pada seluruh indikator penilaian dan untuk
uji validitas empiris tergolong valid dengan hasil koefisien rhitung = 0,77, lalu
reliabel berdasarkan uji reliabilitas dengan cronbach alpha sebesar 0.774, tingkat
kesukaran ke empat butir soal berada pada kategori sedang, serta daya pembeda soal
1, 2, dan 4 tergolong dalam kategori cukup dan soal nomor 3 tergolong kategori baik.
Instrumen tes formatif model PISA konteks Bengkulu efektif, karena dapat
mengukur dan menilai kemampuan literasi peserta didik berdasar indikator penalaran
matematika
Kata Kunci: Instrumen Tes Formatif, Penelitian dan pengembangan, Model PISA,
Konteks Bengkulu, Literasi Matematika
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 01:52 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 01:52 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22681 |