Ardianti, Delsa and Haji, Saleh and Susanta, Agus (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VII SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Delsa Ardianti_A1C020001 - Delsa Ardianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep
matematis peserta didik pada materi geometri, yang terlihat dari hasil ulangan
harian di mana lebih dari 70% siswa memperoleh nilai di bawah 75. Salah satu
penyebabnya adalah kurangnya inovasi media pembelajaran yang efektif di
sekolah. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkan e-LKPD berbasis Realistic
mathematics education (RME) pada materi prisma dan limas untuk kelas VII SMP
yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan
penelitian desain pendidikan tipe development studies dengan dua tahapan Tessmer
yaitu tahap pendahuluan (preliminary stage) dan tahap pembuatan prototipe
(prototyping stage). Pada tahap pembuatan prototipe dilakukan evaluasi formatif
dengan lima uji yaitu self-evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan
field test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan e-LKPD berbasis
RME untuk pemahaman konsep matematika pada materi prisma dan limas kelas
VII SMP termasuk dalam kategori: (1) valid berdasarkan empat aspek yaitu aspek
materi, konstruk, bahasa, dan media; (2) praktis dengan rata-rata persentase dari e�LKPD pertemuan 1 hingga 4 sebesar 87,89%; dan (3) efektif berdasarkan
ketuntasan belajar klasikal yaitu 85,19% peserta didik yang tuntas memperoleh nilai
lebih dari 75.
Kata kunci : E-LKPD, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Penelitian
Desain Pendidikan, Prisma dan Limas, RME
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 01:52 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 01:52 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22682 |