Suherti, Septa and Susanta, Agus and Susanto, Edi (2024) ANALISIS KUALITAS DAN TINGKAT KOGNITIF SOAL PENILAIAN SUMATIF AKHIR SEMESTER GENAP KELAS IX SMP NEGERI 02 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2022/2023 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Septa Suherti_A1C018050 - septa suherti.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan tingkat kognitif soal
Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) genap kelas IX SMP Negeri 02 Kota
Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 berdasarkan Taksonomi Bloom revisi. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek
dalam penelitian ini adalah seluruh lembar jawaban PSAS matematika peserta
didik kelas IX SMP Negeri 02 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 yang
berjumlah 31 peserta didik dengan setiap lembar jawaban terdiri dari 40 butir soal.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Ditinjau dari kualitas soal yaitu a) Validitas terdapat 20
butir soal (53%) yang dinyatakan valid dan 18 butir soal (47%) yang dinyatakan
tidak valid; b) Reliabilitas, soal PSAS memiliki reliabilitas yang tinggi yaitu
sebesar 0,777; c) Tingkat kesukaran memiliki 6 butir soal (16%) dikategorikan
sukar, 25 butir soal (66%) dikategorikan sedang dan 7 butir soal (18%)
dikategorikan mudah; d) Daya pembeda terdapat 7 soal (18%) sangat jelek, 6 soal
(16%) jelek, 11 soal (29%) cukup, 13 soal (34%) baik, dan 1 soal (3%) sangat
baik. (2) Ditinjau dari tingkat kognitif soal berdasarkan Taksonomi Bloom revisi
kategori tingkat kognitif mengingat (C1) sebesar 17,5% (7 soal), memahami (C2)
sebesar 20% (8 soal), mengaplikasikan (C3) sebesar 52,5% (21 soal),
menganalisis (C4) sebesar 10% (4 soal) dan tidak ada soal (0%) pada tingkat
kognitif mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6).
Kata Kunci: Kualitas Soal, Soal PSAS, Taksonomi Bloom revisi, Tingkat
Kognitif Soal
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 01:52 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 01:52 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22692 |