PENERAPAN TEKNIK CETAK STENSIL PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBdP) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 17 KOTA BENGKULU

Nabilah, Maria and Anggraini, Dwi and Ariffiando, Nady Febri (2024) PENERAPAN TEKNIK CETAK STENSIL PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBdP) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 17 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI-MARIA NABILAH-A1G020033-PGSD_ - maria nabilah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
keterampilan siswa kelas III SDN 17 Kota Bengkulu melalui penerapan teknik
cetak stensil. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang
dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas
III SDN 17 Kota Bengkulu yang berjumlah 29 siswa. Instrumen penelitian yang
digunakan berupa lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan
kisaran nilai untuk setiap kategori. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata�rata kelas dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran SBdP dengan
menerapkan teknik cetak stensil. Hasil skor aktivitas guru pada siklus I
memperoleh skor sebesar 44,5 kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi
63,5 kategori baik. Hasil skor aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor
sebesar 39 kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi 65 kategori baik. Hasil
belajar keterampilan siswa pada pembelajaran SBdP siklus I didapatkan rata-rata
kelas sebesar 68,58 dengan ketuntasan belajar klasikal 58,6%, pada siklus II
terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 77,65 dengan ketuntasan belajar
klasikal 96,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik
cetak stensil pada pembelajaran SBdP dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas III SDN 17 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Teknik Cetak Stensil, SBdP, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:52
Last Modified: 21 Oct 2024 01:52
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22694

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200