PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 6 BENGKULU TENGAH

Oktaviani, Weni and Rahimah, Dewi and Stiadi, Elwan (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 6 BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
WENI OKTAVIANI SKRIPSI - Weni Oktaviani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN 6 Bengkulu
Tengah dikategorikan rendah. Hal ini disebabkan karena bahan ajar dan metode
pembelajaran yang digunakan kurang optimal untuk diterapkan di sekolah yang
menggunakan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
lembar kerja peserta didik berbentuk elektronik berbasis Guided Discovery
Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Kelas VII SMP
Negeri 6 Bengkulu Tengah yang valid, praktis, dan memiliki potensi efektifitas.
Penelitian ini adalah penelitian desain model Tessmer dengan tipe development
studies dengan dua langkah, yaitu preliminary (persiapan dan penyusunan) dan
formative evaluation (self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan
field test). Penelitian ini menghasilkan LKPD elektronik berbasis Guided Discovery
Learning yang termasuk ke dalam kategori (1) Valid dari segi materi, konstruksi,
bahasa, dan uji keterbacaan diperoleh dari hasil penilaian validator pada tahap
expert review dan peserta didik pada tahap one-to-one. (2) Praktis berdasarkan dari
penilaian dari 3 kelompok peserta didik pada tahap small group yang diperoleh dari
hasil penilaian kepraktisan. (3) E-LKPD memiliki potensi efektifitas terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematika berdasarkan hasil ketuntasan belajar
peserta didik secara klasikal yang diperoleh 80 % peserta didik tuntas dengan nilai
≥ 70.
Kata Kunci: E-LKPD, Guided Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Tessmer

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:52
Last Modified: 21 Oct 2024 01:52
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22699

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200