PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TPQ BAGI PESERTA DIDIK DI PKBM SONGGO LANGIT KOTA BENGKULU

Damayanti, Lia and Sofino, Sofino and Gusti, Ririn (2024) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TPQ BAGI PESERTA DIDIK DI PKBM SONGGO LANGIT KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI FIKS LIA DAMAYANTI (A1J019049) - Lia Damayanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tujuan pembelajaran, sumber
belajar, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran
dalam pelaksanaan pembelajaran TPQ bagi peserta didik di PKBM Songgo Langit
Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan
subjek penelitian sebanyak tiga orang dan teknik pengumpulan data menggunakan
teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data
meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji validasi data
menggunakan triangulasi mulai dari triangulasi subjek, triangulasi waktu, dan
triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, tujuan
pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran TPQ bagi peserta didik di PKBM
Songgo Langit mempunyai tiga tujuan pembelajaran yaitu tujuan pembelajaran
kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotor (keterampilan). Kedua,
sumber belajar meliputi orang berupa fasilitator atau profesi lainnya yang bertugas
menyampaikan pembelajaran TPQ, teknik berupa metode Iqro dan metode diskusi,
lingkungan atau latar berupa tempat pembelajaran TPQ dilaksanakan. Ketiga,
strategi pembelajaran langsung (direct) berupa guru menjadi pusat perhatian dalam
pembelajaran, dan startegi pembelajaran mandiri (independent) berupa peserta
didik belajar dibawah bimbingan atau pengawasan pengajar. Keempat, media
pembelajaran berupa macam-macam media pembelajaran seperti Al-Qur’an dan
buku hadist. Kelima, evaluasi pembelajaran berupa evaluasi harian.
Kata Kunci : TPQ, Komponen Pembelajaran, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:03
Last Modified: 22 Oct 2024 01:03
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22715

Actions (login required)

View Item
View Item