PENGARUH PODCAST SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM MUTIARA BINTANG KOTA BENGKULU

Anggraini, Mareta and Sofino, Sofino and Ismawati, Dwi (2024) PENGARUH PODCAST SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM MUTIARA BINTANG KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI MARETA ANGGRAINI A1J019038 - Mareta Anggraini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh pembelajaran dengan
menggunakan media pembelajaran podcast terhadap hasil belajar pada warga
belajar di PKBM Mutiara Bintang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan
pendekatan eksperimen yaitu jenis quasi eksperimen dengan desain Pretest�Posttest, Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua
kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah warga
belajar pada program Pendidikan kesetaraan paket C . Sampel dipilih dengan
menggunakan teknik menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah instrument tes hasil belajar (kognitif) warga
belajar program kesetaraan paket C. Teknik analisis data meliputi: (1) analisis
deskriptif, (2) uji normalitas, (3) uji homogenitas dan uji hipotesis dengan Uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada pembelajaran
dengan menggunakan media pembelajaran podcast terhadap hasil belajar pada
warga belajar di PKBM Mutiara Bintang. Hasil t-test memperlihatkan bahwa
rata-rata hasil belajar pretest pada warga belajar kelas kontrol dan kelas
eksperimen pada mata pelajaran sosiologi dengan selisih rata-rata berkategori
rendah yakni sebesar. 0,117 Sedangkan data hasil belajar pada warga belajar
posttest membuktikan bahwa kedua kelas ini mengalami peningkatan rata-rata
hasil belajar, kelas kontrol dengan rata-rata 51,03 dan kelas eksperimen dengan
ratarata 80,59 hal ini menunjukkan kelas kontrol berada pada kategori yang
rendah, sedangkan hasilbelajar pada warga belajar kelas eksperimen mengalami
peningkatan kategori yang signifikan dengan kategori yang sangat tinggi. Data
hasil belajar posttest menunjukkan selisih skor rata-rata hasil belajar antara warga
belajar Berdasarkan hasil nilai rata-rata diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil
belajar pada warga belajar yang signifikan.
Kata kunci: Media pembelajaran podcast, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:03
Last Modified: 22 Oct 2024 01:03
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22722

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200