Utami, Gema Cahaya and Zulkarnain, Rufran and Hutauruk, Lenni Mantili (2024) STRATEGI TUTOR DALAM PEMBELAJARAN KECAKAPAN HIDUP TERNAK BEBEK PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM WIRA BHAKTI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_GEMA CAHAYA UTAMI_A1J019010 - Gema Cahaya Utami.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi tutor dalam
pembelajaran kecakapan hidup ternak bebek pada pendidikan kesetaraan paket C di
PKBM Wira Bhakti Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpul. Keabsaan data menggunakan triangulasi
teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa strategi tutor dalam pembelajaran kecakapan hidup ternak bebek pada
pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Wira Bhakti Kota Bengkulu adalah
pertama, pada kegiatan pendahuluan tutor melakukan penjelasan tujuan
pembelajaran dimulai membuka kegiatan pembelajaran dengan salam, berdo`a,
absen, appersepsi, kemudian penjelasan tujuan pembelajaran menggunakan metode
ceramah. Dan tutor melakukan appersepsi diawali salam, do`a, bertanya kabar,
absen dan memberikan pertanya untuk mengulas pelajaran sebelumnya. Kedua,
penyampaian materi dilakukan terurut dari teori ke praktik, ruang lingkup materi
berdasarkan bahan ajar dari internet yang dibuat RPP, jenis materi yaitu
pengetahuan dan keterampilan. Ketiga, untuk melihat partisipasi peserta didik tutor
memberikan latihan berupa praktik membuat pakan, memberi makan langsung ke
kandang serta penetasan telur menggunakan mesin tetas. Tutor juga memberikan
umpan balik berupa apresiasi verbal dan non-verbal. Keempat, tes yang dilakukan
tutor yaitu pretest berupa pertanyaan lisan dan postets berupa pertanyaan lisan.
Kelima, kegiatan lanjutan tutor tidak memberikan PR menimbang warga belajar
yang hadir hanya sedikit, tutor melakukan penjelasan ulang materi yang belum
dipahami warga belajar dengan metode ceramah, tutor mengarahkan warga belajar
membaca kembali materi yang belum dipahami dan memberikan motivasi belajar
hanya berupa ungkapan kata semangat atau ungkapan verbal.
Kata kunci: strategi pembelajaran, kecakapan hidup, kesetaraan paket C, PKBM.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:04 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:04 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22737 |