Gaol, Yasinta Wewen Lumban and Anggraini, Dwi and Noperman, Feri (2024) STUDI DESKRIPTIF HASIL KARYA GAMBAR DENGAN TEKNIK TARIK BENANG PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA KELAS II SDN 44 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1G020071_Yasinta_Unib - Yasinta L.G..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil karya gambar dengan teknik
tarik benang di kelas II A SD Negeri 44 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah
unsur dan prinsip pada hasil karya siswa dan objek penelitian ini adalah siswa
kelas II SD Negeri 44 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian ini adalah peneliti
sendiri dengan menggunakan pedoman observasi dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan cara pengadaan data, pengurangan data, inferensi, dan analisis.
Teknik keabsahan data melalui triangulasi dan meningkatkan ketekunan. Hasil
penelitian ini Dari 26 siswa hanya 10 siswa yang mempunyai unsur titik, dan 16
karya siswa yang belum mempunyai unsur titik. Unsur garis terdapat pada semua
hasil karya siswa dengan berbagai macam bentuk garis. Unsur bidang meliputi
bidang geometris dan non geometris pada 26 hasil karya siswa semua karya
terdapat bidang non geometris yaitu bidang abstrak dan tumbuhan terompet.
Unsur bentuk pada 26 karya siswa berupa bentuk abstrak dan tumbuhan terompet.
Unsur warna pada semua karya siswa memiliki warna yang bervariasi disetiap
karya. Unsur tekstur terdapat pada semua hasil karya berupa tekstur halus dan
kasar. Unsur gelap terang dalam hasil karya meliputi 26 karya yang memiliki
unsur gelap terang. Hasil karya gambar dengan teknik tarik benang yang dibuat
oleh siswa dilihat dari prinsip - prinsip seni rupa. Dari 26 siswa hanya dua siswa
yang tidak mempunyai kesatuan, selebihnya sudah memiliki kesatuan. Prinsip
keseimbangan. Dari 26 siswa hanya tiga siswa yang tidak mempunyai
keseimbangan, selebihnya karya siswa sudah memiliki keseimbangan. Prinsip
irama pada semua karya siswa sudah memiliki irama. Prinsip penekanan pada
semua karya siswa belum memiliki penekanan pada karya. Prinsip proporsi. Dari
26 karya hanya tiga karya siswa yang tidak memiliki proporsi. Prinsip
keselarasan, dari 26 karya hanya tiga karya yang belum memiliki keselarasan,
selebihnya sudah memiliki keselarasan pada karya.
Kata Kunci: Seni Rupa, Teknik Tarik Benang, Hasil Karya
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:04 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:04 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22741 |