PELAKSANAAN LITERASI PADA KEGIATAN MEMBUKA PEMBELAJARAN DI KELAS 5A SDN 71 KOTA BENGKULU

Andini, Anis Fahmi and Hasnawati, Hasnawati and Susanti, Atika (2024) PELAKSANAAN LITERASI PADA KEGIATAN MEMBUKA PEMBELAJARAN DI KELAS 5A SDN 71 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Anis Fahmi Andini_A1G019020_PGSD - Anis Fahmi Andini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan literasi pada kegiatan
membuka pembelajaran di kelas 5A SDN 71 Kota Bengkulu. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Subjek
penelitian adalah guru kelas 5 A dan siswa kelas 5 A. Instrumen utama pada
penelitian ini yaitu peneliti itu sendiri, sedangkan instrumen pendukungnya yaitu
lembar obserasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Pengujian keabsahan data dengan mengggunakan triangulasi,
member check dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian yaitu (1) literasi
menggunakan buku cerita dan teks bacaan yang beragam (2) strategi saat
membaca dengan membaca dalam hati dan membaca bersama dengan salah
seorang peserta didik membaca dan peserta didik yang lainnya menyimak, (3)
guru dan peserta didik saat membaca, guru mengingatkan kepada peserta didik
agar tidak menggerak-gerakkan mulutnya atau mengucapkan secara perlahan
bacaannya, (4) tindak lanjut setelah membaca yaitu berupa kegiatan peserta didik
mengajukan pertanyaan, guru mengajukan pertanyaan, membuat ringkasan
bacaan, serta mempresentasikan hasil ringkasan dan (5) saran dan masukkan guru
yaitu Saran yang disampaikan oleh guru yaitu agar peserta didik lebih rajin lagi
untuk membaca, guru juga mengatakan pentingnya membaca untuk menambah
pengetahuan dan masukkan yaitu supaya peserta didik lebih fokus saat membaca
supaya memahami isi bacaan. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelaksanaan
literasi pada kegiatan membuka pembelajaran di kelas 5A SDN 71 kota Bengkulu
telah dilaksanakan dengan baik yaitu guru dan peserta didik telah terbiasa
melakukan kegiatan literasi pada kegiatan awal pembelajaran.
Kata Kunci :Pelaksanaan, Literasi, Membuka pembelajaran

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:05
Last Modified: 22 Oct 2024 01:05
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22744

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200