PENGARUH PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V DI SD NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU

Dani, Bayu Rangga and Yuliantini, Nani and Yusnia, Yusnia (2024) PENGARUH PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V DI SD NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Bayu Rangga Dani PGSD (A1G020042) - Bayu rangga Dani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lingkungan
sebagai sumber belajar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa
kelas V di SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian yang
digunakan adalah matching only pretest-posttest control group design. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu.
Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling,
sehingga diperoleh 18 siswa kelas V SDN 17 sebagai kelompok eksperimen dan
21 siswa kelas V SDN 25 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah lembar tes berbentuk uraian yang berjumlah 1 soal
dengan menilai pada 5 indikator. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum
dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol. Dari hasil perhitungan uji-t nilai posttest siswa diperoleh nilai sig (2-
tailed) 0,023 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
hasil posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol akibat perlakuan
yang berbeda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan
dari penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap kemampuan menulis
karangan deskripsi siswa kelas V di SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu.
Kata kunci : Lingkungan sumber belajar, karangan deskripsi, kemampuan
menulis

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:05
Last Modified: 22 Oct 2024 01:05
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22751

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200