ANALISIS NILAI KEMANDIRIAN DALAM BUKU IPAS MATERI IPA PADA KURIKULUM MERDEKA FASE B

Lorenza, Sovia and Dalifa, Dalifa and Agusdianita, Neza (2024) ANALISIS NILAI KEMANDIRIAN DALAM BUKU IPAS MATERI IPA PADA KURIKULUM MERDEKA FASE B. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Bebas Perpustakaan UNIB - Lorenza Sovia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sajian nilai kemandirian dalam
buku panduan guru dan buku pegangan siswa mata pelajaran IPAS materi IPA.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Objek pada penelitian
ini adalah buku panduan guru dan buku pegangan siswa pada mata pelajaran IPAS
materi IPA kelas IV. Sedangkan Subjek pada penelitian ini adalah peneliti dan 2
orang rater. Instrumen yang digunakan adalah lembar pedoman analisis dengan
teknik pengumpulan data dokumentasi dan analisis penilai (rater). Teknik analisis
data yang digunakan ialah metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa :(1)Kemunculan indikator pada aspek gaya sajian buku dan
pola sajian buku. Pada gaya sajian buku panduan guru diperoleh kemunculan
indikator pekerja keras (25%), berani dalam bertindak (16,66%), kreatif (25%),
percaya diri (8,33%), menemukan identitas dirinya (16,66%), dan dapat
mengambil keputusan sendiri (8,33%). Pada aspek pola sajian buku panduan guru
diperoleh kemunculan indikator pekerja keras (21,15%), berani dalam bertindak
(11,53%), kreatif (19,23%), percaya diri (26,92%), berkeinginan sesuatu tanpa
bantuan orang lain (4%), menemukan identitas dirinya (2%), dapat mengambil
keputusan sendiri (7,70%) dan memiliki daya tahan terhadap tantangan (7,70%).
(2) Pada aspek pola sajian buku pegangan siswa diperoleh kemunculan indikator
pekerja keras (23,07%), memiliki daya tahan terhadap tantangan (9,62%), berani
dalam bertindak (1,92%), kreatif (25%), percaya diri (26,92%), dan dapat
mengambil keputusan sendiri (13,46%). Dapat disimpulkan bahwa nilai
kemandirian muncul melalui indikator pekerja keras, kreatif, berani dalam
bertindak, menemukan identitas dirinya, memiliki daya tahan terhadap tantangan,
dapat mengambil keputusan sendiri, berkeinginan sesuatu tanpa bantuanorang lain
dan percaya diri.
Kata Kunci : Nilai Kemandirian, Buku Teks, IPAS

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:05
Last Modified: 22 Oct 2024 01:05
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22755

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200