Tenama, Charles and Noperman, Feri and Tarmizi, Pebrian (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA KELAS III SD NEGERI 01 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Charles_Tenama (A1G020115) (1) - Charles Tenama.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPA siswa melalui penerapan kooperatif tipe jigsaw. Metode
penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian Tindakan kelas Penelitian
ini terdiri atas dua Siklus, dimana tiap Siklusnya terdiri atas perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa
kelas 3 SDN 01 Kota Bengkulu yang terdiri dari 25 siswa. Lembar penelitian ini
berupa lembar observasi, wawancara dan tes.Teknik analisis Data observasi
penerapan model kooperatif tipe jigsaw, data observasi hasil belajar siswa
dianalisis menggunakan rumus rata-rata, skor tertinggi, skor terendah, selisih
skor dan kisaran nilai setiap kriteria. Data tes dianalisis dengan rata-rata nilai
dan kriteria ketuntasan belajar klasikal. Hasil belajar siswa siklus I yaitu 49,32%
kategori kurang meningkat pada siklus II yaitu 76,6% dengan kategori sangat
baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN 01 Kota
Bengkulu.
Kata Kunci : Kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar IPA
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:06 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:06 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22757 |