Sari, Desi Muntia and Parmadie, Bambang and Hasnawati, Hasnawati (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN 44 KOTA BENGKULU (STUDI KASUS PADA GURU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DESI MUNTIA SARI (A1G019017) - Desi Muntia Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
SDN 44 Kota Bengkulu merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan
kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan implementasi
kurikulum merdeka di SDN 44 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan naturalistik.
Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas 1 dan wali kelas 4.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Data dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta
pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan
sumber. Hasil penelitian tahap perencanaan satuan pendidikan sudah
merencakanakan implementasi kurikulum merdeka dengan cukup baik. Akan
tetapi pada penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan modul ajar sedikit
terlambat sehingga di awal semester guru masih menggunakan ATP dan modul
ajar yang ada di platform merdeka mengajar tanpa memodifikasinya. Pemilihan
tema kewirausahaan pada kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancaila (P5)
di kelas 1 juga kurang sesuai karena kelas 1 belum mampu melaksanakan tema
tersebut. Tahap pelaksanaan satuan pendidikan sudah melakukan kegiatan
pembelajaran dengan melibatkan peserta didik secara aktif dan menerapkan
dimensi profil pelajar pancasila didalam pembelajaran. Dalam proses
pembelajaran guru menyesuaikan dengan tahap belajar peserta didik serta
berkolaborasi bersama guru dan orangtua. Kekurangan pada tahap pelaksanaan
guru belum melakukan kolaborasi dengan masyarakat/industri lainnya dalam
kegiatan P5. Pada tahap evaluasi guru melakukan refleksi pada diri sendiri dengan
melihat hasil belajar siswa. Guru juga dievaluasi oleh kepala sekolah untuk
melihat kekurangan dan kendala yang perlu diperbaiki dari proses pembelajaran
yang dilakukan guru.
Kata Kunci : Kurikulum merdeka, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:06 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:06 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22760 |