PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 004 BENGKULU UTARA

Kusumaningtyas, Diah Ayu and Yuliantini, Nani and Agusdianita, Neza (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 004 BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Diah Ayu Kusumaningtyas-A1G019011 (2) - diah ayu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan model discovery learning
berbantuan media audiovisual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa pada pembelajaran tematik di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 004 Bengkulu
Utara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek pada
penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SDN 004 Bengkulu Utara. Jumlah
siswa kelas VI yaitu 28 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan
lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi,
skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Data tes
dianalisis menggunakan rumus rata-rata nilai dan presentase belajar klasikal. Hal
tersebut dapat dilihat dari hasil skor aktivitas guru siklus I diperoleh nilai 62,5
dengan kategori baik dan siklus II meningkat menjadi 76 dengan kategori sangat
baik. Skor hasil aktivitas siswa siklus I diperoleh nilai 64,5 dengan kategori baik
dan meningkat pada siklus II diperoleh nilai 75,5 dengan kategori sangat baik.
Hasil belajar siklus I pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia nilai rata-rata kelas
sebesar 79,29 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 60,71%, pada siklus II
terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan rata-rata sebesar 89,14
dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 89,295% dengan kategori
sangat baik. Mata pelajaran IPA siklus I nilai rata-rata sebesar 77,43 dengan
ketuntasan belajar klasikal 64,29%, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar
IPA sebesar 87,14 dengan ketuntasan belajar klasikal 92,86%. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada
pembelajaran tematik menggunakan model discovery learning berbantuan media
audiovisual. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning
berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa pada pembelajaran tematik di kelas VI Sekolah Dasar Negeri 004 Bengkulu
Utara.
Kata kunci : Model Discovery Learning, Audiovisual, Aktivitas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:06
Last Modified: 22 Oct 2024 01:06
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22761

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200