Pratiwi, Riska and Agusdianita, Neza and Dalifa, Dalifa (2024) ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING PADA PERENCANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2A SD NEGERI 44 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ilovepdf_merged (6) - Riska Pratiwi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan culturally responsive
teaching pada perencanaan pembelajaran matematika di kelas 2 A SDN 44 kota
Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah guru kelas 2 A di SDN 44 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang
digunakan yaitu human instrument (peneliti itu sendiri) dengan menggunakan
pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yaitu :
perencanaan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik keabsahan data melalui triangulasi. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran matematika yang telah dibuat oleh
wali kelas 2 A SD Negeri 44 Kota Bengkulu terdapat pendekatan Culturally
Responsive Teaching. Hal tersebut dilihat pada komponen inti modul ajar yang
telah dibuat dengan mengintegrasikan materi bangun ruang dengan budaya. Budaya
yang diintegrasikan dengan pembelajaran matematika materi bangun ruang adalah
budaya tabot dari Kota Bengkulu. Pada komponen inti modul ajar juga terdapat
langkah-langkah Culturally Responsive teaching yang di antaranya pada tujuan
pembelajaran terdapat komponen pemahaman budaya, pada asesmen (LKPD &
Soal Evaluasi) terdapat komponen pemahaman budaya, kalaborasi dalam kelompok
untuk membahas konsep budaya, dan konstruksi transpormatif, pada pemahaman
bermakna terdapat komponen pemahaman budaya, pada pertanyaan pamantik
terdapat komponen identitas siswa dan pemahaman bermakna, dan yang terakhir
pada kegiatan pembelajaran terdapat komponen identitas siswa, pemahaman
budaya, kalaborasi dalam kelompok untuk membahas konsep budaya, berfikir kritis
untuk refleksi dan konstruksi transformatif.
Kata Kunci :Culturally Responsive Teaching, Perencanaan Pembelajaran,
Matematika.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:07 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:07 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22774 |