PENGARUH MEDIA POSTER BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI RENTAN BENCANA KOTA BENGKULU

Yurrine, Ivank and Noperman, Feri and Lusa, Herman (2024) PENGARUH MEDIA POSTER BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI RENTAN BENCANA KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
ilovepdf_merged (10) - Ivank Yurrine.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media poster berbasis aplikasi
canva terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V SD Negeri
rentan bencana Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (Quasy Experiment)
dan jenis desain yang digunakan adalah The Matching Only Pretest-Posttest
Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah sekolah dasar rentan
bencana banjir di Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VB dan
VA SDN 65 Kota Bengkulu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan
Claster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil
belajar aspek pengetahuan yang berupa soal pilihan ganda yang diberikan melalui
Pretest dan Posttest. Jenis teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis
kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif, dan analisis uji prasyarat. Uji
hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini
diperoleh Sig. (2-tailed) = 0,012 < 0,05 dengan taraf signifikan 5%. Dengan
rincian nilai rata-rata pada mata pelajaran IPAS kelas eksperimen (74,5) dan kelas
kontrol (65), maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas
eksperimen dan kelas kontrol dan dinyatakan kelas eksperimen yang
menggunakan media poster berbasis aplikasi canva dapat mempengaruhi hasil
belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media poster
berbasis aplikasi canva terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas
V SD Negeri rentan bencana Kota Bengkulu.
Kata Kunci : IPAS, Media Poster, Canva, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:07
Last Modified: 22 Oct 2024 01:07
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22775

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200