Putri, Nabila Alia and Agusdianita, Neza and Susanti, Atika (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN BERDIFERENSIASI PADA PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS V SD NEGERI 44 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nabila Alia Putri_A1G020011_UNIB-1 - Nabila Alia putri.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan
implementasi pendekatan berdiferensiasi pada pembelajaran Pendidikan Pancasila
di kelas V SD Negeri 44 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Guru kelas
V. Instrumen penelitian ini adalah penelitian sendiri dengan menggunakan lembar
observasi, lembaran wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Teknik keabsahan data melalui triangulasi teknik dan membercheck. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa beberapa rangkaian pendekatan berdiferensiasi
sudah dijalankan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, dimulai dari
perencanaan mengenai pemetaan kebutuhan belajar siswa melalui asesmen
diagnostik dan melakukan rancangkan kegiatan pembelajaran yaitu menyusun
modul ajar. Pelaksanaan pendekatan berdiferensiasi yang meliputi 4 elemen yaitu
konten, proses, produk dan lingkungan belajar. Implementasi pendekatan
berdiferensiasi memberikan guru mempertimbangkan kebutuhan individual siswa
dengan memperhatikan gaya belajar yang dapat membantu meningkatkan
keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan pemaparan data hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa tahapan yang harus
dipenuhi dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila yaitu dimulai dari pemetaan
kebutuhan siswa melalui asesmen diagnostik, hasil pemetaan, merancang
perencanaan pembelajaran yaitu modul ajar dan melakukan evalusi dan refleksi.
Pelaksanaan pendekatan berdiferensiasi berdasarkan 4 komponen, yaitu: konten,
proses, produk dan lingkungan belajar. Pendekatan berdiferensiasi pada mata
pelajaran Pendidikan Pancasila dengan mempertihatikan gaya belajar sesuai
dengan kebutuhan siswa, pendekatan ini sudah berjalan dengan pendekatan
berdiferensiasi.
Kata Kunci: Pendekatan Berdiferensiasi, Pendidikan Pancasila
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:08 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22778 |