Nuraya, Anne and Tarmizi, Pebrian and Anggraini, Dwi (2024) STUDI DESKRIPTIF KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS IV C SD NEGERI 5 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Anne Nuraya SCAN FIX - Anne Nuraya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan
keterampilan guru dalam mengelola kelas pada saat pembelajaran berlangsung di
kelas IV C. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV C SD Negeri 5 Kota
Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian yaitu (1) menciptakan kondisi belajar yang optimal dengan cara
guru menyuruh siswa untuk tetap tertib agar memberikan suasana yang
mendukung saat proses pembelajaran dikelas (2) menunjukkan sikap tanggap
dengan cara guru mendekati siswa dan memberikan reaksi terhadap gangguan
dikelas (3) memberikan petunjuk yang jelas dengan cara guru guru tidak bertele�tele dalam melakukan penjelasan (4) memberikan teguran dan penguatan dengan
cara guru memperingatkan dan menasehati siswa yang melakukan kesalahan atau
membuat kegaduhan dalam kelas (5) memusatkan perhatian kelompok dengan
cara guru memberikan tanda ketika memusatkan perhatian dan sebelum memulai
pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterampilan guru
dalam mengelola kelas yang terdiri dari lima indikator telah dilaksanakan oleh
guru.
Kata kunci: keterampilan Guru, Pengelolaan Kelas.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:08 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22786 |