PENINGKATAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELS V SDN 81 KOTA BENGKULU

Putrii, Erni Linda and Tarmizi, Pebrian and Agudianita, Neza (2024) PENINGKATAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELS V SDN 81 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI ERNI LINDA - Erni Linda Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based
Learning untuk meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar, dan motivasi belajar
siswa kelas V SDN 81 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Subjek dalam
penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 81 Kota Bengkulu yang
berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi
dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata skor, skor
tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk setiap kategori. Data
tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata kelas dan persentase ketuntasan
belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas, hasil, dan
motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model
Problem Based Learning. Hasil skor aktivitas guru siklus I diperoleh 81,5
kategori baik dan meningkat pada siklus II 98,5 kategori sangat baik. Hasil skor
aktivitas siswa siklus I diperoleh 86,5 kategori baik dan meningkat pada siklus II
diperoleh 100 kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada pelajaran matematika
siklus I diperoleh nilai rata-rata 68,4 dengan ketuntasan klasikal 64% meningkat
pada siklus II yaitu 82,8 dengan ketuntasan klasikal 88%. Hasil skor motivasi
belajar pada pelajaran matematika siklus I yaitu 14,24 kategori baik meningkat
pada siklus II yaitu 17,5 sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas,
hasil, dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V SDN 81
Kota Bengkulu.
Kata kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Motivasi
Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:08
Last Modified: 22 Oct 2024 01:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22788

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200