Barus, Isma Ipanka Br and Dalifa, Dalifa and Lusa, Herman (2024) STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR PADA KEGIATAN MUSIKALISASI PUISI (P5) SDN 17 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Isma Ipanka Br Barus-A1G020035-UNIB - Isma Ipanka Br Barus.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai motivator pada
kegiatan musikalisasi puisi (P5) di SDN 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah guru yang membina kegiatan musikalisasi puisi SDN 17
Kota Bengkulu. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan
menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data melalui triangulasi teknik dan
member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menjalankan perannya
sebagai motivator dengan 1. Bersikap terbuka, dilakukan dengan mendorong
siswa mengungkapkan pendapat, menanggapi pendapat siswa dengan positif,
menerima kekurangan dan kelebihan siswa, dan menunjukkan sikap ramah dan
penuh perhatian, 2.Guru membantu siswa agar mampu memahami dan
memanfaatkan potensi yang ada pada dirinya yang dilakukan guru dengan
membantu menemukan potensinya, setelah menemeukan potensinya guru
membantu siswa mengembangkan potensi yang dimilikinya,3. Guru menciptakan
hubungan yang serasi dan penuh kegairahan dalam interaksi belajar mengajar di
kelas, menunjukkan kegairahan dalam belajar, murah senyum, mampu
mengendalikan emosi, bersifat proporsional . Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa peran guru sebagai motivator dengan bersikap terbuka,
membantu siswa agar mampu memahami dan memanfaatkan potensi yang ada
pada dirinya secara optimal, menciptakan hubungan yang serasi dan penuh
kegairahan dalam interaksi belajar mengajar sudah terlihat dilakukan oleh guru.
Kata Kunci: Guru, Motivator
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:09 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22793 |