PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DI KELAS V SDN 01 BENGKULU TENGAH

Ananda, Meidi Rizki and Dalifa, Dalifa and Juarsa, Osa (2024) PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DI KELAS V SDN 01 BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI MEIDI RIZKI ANANDA - Meidi Rizkiananda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan karakter religius siswa melalui
pembiasaan shalat dhuha dalam mengembangkan karakter siswa kelas V di SDN
01 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah kepala
sekolah, wali kelas, guru agama dan siswa kelas VD di SDN 01 Bengkulu
Tengah. Instrumen penelitian utama yang digunakan berupa peneliti itu sendiri
serta pendukung berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun proses
penanaman karakter religius siswa melalui pembiasaan shalat dhuha di SDN 01
Bengkulu Tengah dengan menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan,
metode teguran/nasihat, serta dengan metode hukuman. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa (1) perencanaan program shalat dhuha di SDN 01 Bengkulu
Tengah diawali dengan adanya pelopor atau yang memberikan suatu ide kepada
kepala sekolah kemudian mensosialisasikan kepada sumua guru dan di sahkan
secara bersama, kemudian perencanaan selanjutnya adalah menyusun jadwal
waktu sholat dhuha dan penanggung jawab pada setiap kelas. (2) Proses
pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha, berupa persiapan, kebersihan kelas,
berwudhu dengan bimbingan guru, siswa melaksanakan shalat dhuha berjamaah,
melakukan dzikir dan berdoa bersama. (3) Penanaman karakter religius siswa SD
kelas V melalui pembiasaan shalat dhuha ada empat indikator pencapaian yang
digunakan yaitu, dimensi keyakinan, dimensi praktik agama, dimensi
penghayatan, dimensi konsekuensi dan pengalaman. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa : Perencanaan pembiasaan shalat dhuha, pelaksanaan
pembiasaan shalat dhuha, penanaman karakter siswa melalui pembiasaan shalat
dhuha dapat berjalan dengan baik.
Kata Kunci : Pembisaan, Sholat, Karakter, Religius

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:10
Last Modified: 29 Oct 2024 07:49
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22798

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200