Sari, Miranti Yonica and Yuliantini, Nani and Lusa, Herman (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITED, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN GUGUS XV KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MIRANTI YONICA SARI_A1G020162-1_compressed - Artika Fitri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SQ3R (Survey,
Question, Read, Recited, Review) terhadap hasil belajar pada pembelajaran Bahasa
Indonesia siswa kelas V SDN gugus XV Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah
kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu
(Quasy Experiment). Dengan desain yang digunakan adalah The Matching Only
Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah SDN Gugus
XV Kota Bengkulu. Dengan sampelnya adalah kelas VA SDN 101 Kota Bengkulu
dan VB SDN 74 Kota Bengkulu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan
Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil
belajar dengan bentuk soal pilihan ganda berupa Pretest dan Posttest. Jenis teknik
analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis uji prasyarat
dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil yang diperoleh Sig. (2-
tailed) = 0,000 < 0.05) dengan taraf signifikan 5%. Dengan rincian nilai rata-rata
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata
sebesar 77,20 dan kelas kontrol sebesar 54,81 dengan perbedaan nilai rata-rata
22,39. Perbedaan tersebut dikarenakan adanya perbedaan perlakuan antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
dari penggunaan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recited, Review) terhadap
hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN gugus XV
Kota Bengkulu.
Kata kunci: Metode SQ3R, Hasil Belajar, Pengaruh Pembelajaran
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:10 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22799 |