PENGARUH MEDIA KOTAK KARTU MISTERIUS (KOKAMI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN GUGUS XII KOTA BENGKULU

Utami, Reka Elsadila and Lusa, Herman and Kurniawati, Ike (2024) PENGARUH MEDIA KOTAK KARTU MISTERIUS (KOKAMI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN GUGUS XII KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI REKA ELSADILA UTAMI (UNIB) - Reka Elsadila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kotak kartu misterius
(kokami) terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN Gugus XII Kota
Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode eksperimen semu (Quasy Experiment) dan jenis desain yang
digunakan adalah The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus XII Kota Bengkulu.
Sampel pada penelitian ini adalah kelas V SDN 99 Kota Bengkulu dan kelas V SDN
35 Kota Bengkulu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster
Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar
aspek kognitif (pengetahuan) berupa soal pilihan ganda yang diberikan melalui
Pretest dan Posttest. Jenis teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis
kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan
analisis inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini, nilai Sig. (2-
tailed) bernilai 0,044 < 0,05. Dengan rincian nilai rata-rata posttest pada mata
pelajaran IPAS kelas eksperimen (68,92) dan kelas kontrol (59,25). Data ini
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan
kelas kontrol dikarenakan adanya perlakuan yang berbeda pada kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen diberi pembelajaran
menggunakan media kotak kartu misterius (kokami) sedangkan kelompok kontrol
hanya menggunakan kertas soal. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh media kotak kartu misterius (kokami) terhadap hasil
belajar IPAS siswa kelas V SDN gugus XII Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPAS, Media Kokami

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:10
Last Modified: 22 Oct 2024 01:10
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22803

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200