Shintia, Sheni and Agusdianita, Neza and Kurniawati, Ike (2024) PENGARUH PENDEKATAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SHENI SHINTIA A1G020073 - Sheni Shintia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan berdiferensiasi
terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN Gugus III Kota Bengkulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan metode eksperimen (Quasi
Experimental Design)dan desain penelitian yaitu the matching only posttest control
group design. Populasi penelitian ini adalah kelas IV di SDN 03 Kota Bengkulu,
dengan sampel penelitian yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B
sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan posttest berupa soal pilihan
ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif, uji prasyarat
(uji normalitas serta uji homogenitas) dan uji hipotesis. Nilai rata-rata pada kelas
eksperimen sebesar 75,40 sedangkan kelas kontrol sebesar 66,60. Hasil uji normalitas
dinyatakan berdistribusi normal, serta hasil uji homogenitas memiliki varian yang
homogen, dan hasil dari uji-t diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,010 < 0,05. Sehingga
dapat disimpulkan terdapat pengaruh dari pendekatan berdiferensiasi terhadap hasil
belajar Matematika siswa kelas IV SDN 03 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Matematika, Pendekatan Berdiferensiasi, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:10 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22806 |