PENGARUH MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SDN GUGUS XI KOTA BENGKULU

Fadillah, Aisyah Nur and Noperman, Feri and Yuliantini, Nani (2024) PENGARUH MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SDN GUGUS XI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Aisyah Nur Fadillah A1G020024 PGSD - Aisyah Nur Fadillah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media quizizz paper mode
terintegrasi model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap hasil
belajar IPAS kelas V SDN Gugus XI Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah
kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu
dengan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi
penelitian ini adalah SD Negeri Gugus XI Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian
ini adalah kelas VB SDN 44 Kota Bengkulu dan VB SDN 55 Kota Bengkulu
dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Claster Random Sampling.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar aspek kognitif berupa
soal pilihan ganda yang diberikan melalui Pretest dan Posttest. Jenis teknik analisis
data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik
deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis inferensial dengan uji-t. Berdasarkan
hasil anaslisis inferensial bahwa nilai thitung (2,205) > ttabel (2.0395). Adapun nilai
Sig. (2-tailed) sebesar 0,035 < 0,05. Dengan rincian nilai rata-rata pada mata
pelajaran IPAS kelas eksperimen (67,22) dan kelas kontrol (54,00). Perbedaan nilai
tersebut karena ada perlakuan yang berbeda pada kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol. Pada kelompok kontrol diberi pembelajaran menggunakan
media quizizz paper mode dalam model pembelajaran TGT sedangkan kelompok
kontrol hanya menggunakan lembar kuis. Berdasarkan hal tersebut dapat ditarik
kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media quizizz paper mode yang
terintegrasi model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil
belajar IPAS kelas V SD Negeri Gugus XI Kota Bengkulu.
Kata Kunci: IPAS, Quizizz Paper Mode, Teams Games Tournament (TGT),
Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:22
Last Modified: 22 Oct 2024 02:22
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22813

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200