PERAN GURU SEBAGAI PEMBIMBING DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK KELAS III B SDN 41 KOTA BENGKULU

Ayu, Azrina and Yuliantini, Nani and Tarmizi, Pebrian (2024) PERAN GURU SEBAGAI PEMBIMBING DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK KELAS III B SDN 41 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_AZRINA AYU_AIG020017 - Azrina Ayu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing
dalam mengembangkan perilaku sopan santun peserta didik kelas III B SDN 41
Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif. Dengan subjek penelitian guru kelas III B dan peserta didik kelas III B.
instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman
wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian
ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa guru sebagai pembimbing dalam, 1) memberikan informasi dalam proses
pembelajaran yaitu guru memberikan informasi kepada peserta didik melalui
poster-poster yang dipajang di dalam kelas, serta aturan dan tata tertib yang
berlaku., 2) membantu peserta didik dalam mengatasi permasalahan pribadinya
yaitu guru akan membantu peserta didik yang mengalami masalah dalam
berprilaku sopan santun., 3) mengevaluasi setiap hasil kegiatan yang telah
dilakukan yaitu guru akan bertanya kepada peserta didik apakah prilaku tidak
sopan apa yang telah mereka perbuat., 4) memberi kesempatan pada peserta didik
agar dapat belajar sesuai keinginannya yaitu guru memberikan peserta didik
kesempatan dan kebebasan pada peserta didik dalam proses pembelajaran dan
berprilaku sopan santun., 5) mengenal dan memahami peserta didik secara
individu maupun kelompok yaitu guru mengenal dan memahami peserta didiknya
baik secara individu maupun kelompok baik di dalam maupun di luar kelas. Dapat
di simpulkan bahwa cara yang paling efektif yang dilakukan guru sebagai
pembimbing dalam mengembangkan perilaku sopan santun peserta didik kelas III
B SDN 41 Kota Bengkulu yaitu dengan cara mengingatkan, mengarahkan dan
menerapkannya langsung kepada peserta didik.
Kata Kunci: Guru, Pembimbing, Sopan Santun.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:22
Last Modified: 22 Oct 2024 02:22
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22815

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini