PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SENI RUPA KELAS IV GUGUS V SD NEGERI KOTA BENGKULU

Yolanda, Helen Rosalinda and Anggraini, Dwi and Yusnia, Yusnia (2024) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SENI RUPA KELAS IV GUGUS V SD NEGERI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Helen Rosalinda Yolanda_compressed_compressed-dikompresi - Helen Rosalinda Yolanda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap
hasil belajar keterampilan seni rupa kelas IV gugus V SD Negeri Kota Bengkulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan
adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian The Matching Only Posttest
Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah SD Negeri Gugus V
Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV C SD Negeri 02 Kota
Bengkulu sebagai kelas kontrol dan kelas IV A SD Negeri 09 Kota Bengkulu
sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi
penilaian keterampilan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan
antara data nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam penggunaan
metode demonstrasi. Hasil tersebut dibuktikan dari nilai uji Wilcoxon Asymp. Sig.
(2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan
bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada perbedaan antara posttest pada
kelas eksperimen dan kontrol dalam hasil belajar keterampilan penggunaan
metode demontrasi, sehingga terdapat pengaruh metode demonstrasi terhadap
hasil belajar keterampilan seni rupa di kelas IV gugus V SD Negeri Kota
Bengkulu.
Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Seni Rupa, Hasil Belajar Keterampilan

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:23
Last Modified: 22 Oct 2024 02:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22819

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200