Sakinah, Nicia Putri (2024) PEMBINAAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV C SD NEGERI 5 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_nicia_Fakultas - nicia putri sakinah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pembinaan karakter tanggung jawab siswa
di kelas IV C SD Negeri 5 Bengkulu. Penelitian jenis kualitatif, pengumpulan data
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 2 orang
siswa yang memiliki karakter kurang bertanggung jawab akan tugasnya sebagai
seorang siswa disekolah. Teknik analisis data melalui pengumpulan, pemadatan,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui pembinaan
karakter tanggung jawab siswa di kelas IV C SD Negeri 5 Bengkulu secara
umum telah dilakukan dengan cara menjaga, mengarahkan dan membimbing
siswa. Guru menjaga karakter tanggung jawab dengan cara berkeliling kelas
memastikan kemajuan tugas individu dan kelompok, guru juga menciptakan
suasana belajar yang mendukung dengan cara menyusun bangku dan meja supaya
siswa mudah berdiskusi dalam belajar kelompok, kemudian menyiapkan peralatan
piket kelas supaya siswa lebih semangat dan antusias dalam bekerja sama
membersihkan kelas. Guru mengarahkan karakter tanggung jawab dengan cara
menjelaskan petunjuk pengerjaan tugas, membuat kelompok piket dan uraian
kerja yang harus dilakukan. Namun demikian ditemukan bahwa guru tidak
mengawasi pelaksanaan piket kelas. Hal ini diyakini karena guru merasa bahwa
jadwal piket dan uraian tugas piket sudah dibuat secara tertulis sehingga
menanggap pengawasan tidak terlalu diperlukan. Guru membimbing karakter
tanggung jawab siswa melalui pemantauan perkembangan kemajuan belajar
siswa. Guru juga membuat catatan atas kelemahan dan kekurangan siswa serta
memberikan saran perbaikan atas kelemahan tersebut dengan cara bertatap muka
secara langsung kepada siswa, baik secara individu maupun secara kelompok.
Kata kunci : Peran Guru Sebagai Pembina, Karakter Tanggung Jawab
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 02:23 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 02:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22823 |