Malinda, Teara and Lusa, Herman and Dalifa, Dalifa (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV D SDN 16 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_SIDANG_BISMILLAH_(1)[1] - Fren Jenika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan Model Problem Based
Learning berbantuan media Powtoon untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas IV D SDN 16 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah
dengan Peneltian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus.
Dengan subjek berjumlah 36 siswa. Instrument penelitian yang digunakan yaitu
lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata�rata skor, skor tertingg, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk setiap
kategori. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata kelas dan persentase
ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas
dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS menggunakan model PBL. Hasil
skor aktivitas guru siklus I diperoleh 42,5 kategori cukup dan siklus II meningkat
menjadi 60 kategori baik. Hasil skor rata-rata aktivitas siswa siklus I diperoleh
40,5 kategori cukup dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 58,5 kategori
baik. Hasil belajar pada pada mata pelajaran IPAS siklus I didapatkan rata-rata
kelas sebesar 60,13 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 55,55%, pada
siklus II terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 75,77 dengan ketuntasan
belajar klasikal sebesar 86,11%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penerapan model problem based learning (PBL) berbantuan media powtoon dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran IPAS kelas IV D
SDN 16 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Model problem based learnig, Powtoon, Aktivitas, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 02:23 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 02:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22824 |