Setiawan, Yuan and Agusdianita, Neza and Lusa, Herman (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA PLICKERS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_YUAN SETIAWAN_A1G020034 - Yuan Setiawan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Team Games
Tournament berbantuan media Plickers, dan untuk meningkatkan minat belajar
siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian dialaksanakan di kelas IV SD
Negeri 02 Seberang Musi. Penelitian ini berjenis tindakan kelas. Metode penelitian
yang digunakan model spiral yang membentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah
Siswa kelas IV SDN 02 Seberang Musi dan Objek pada penelitian ini adalah minat
belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data
menggunakan purposive sampling. Teknik berupa penskoran yang akan diambil dan
diisikan pada tabel dengan bantuan program Microsoft Excel untuk menemukan
rata-rata, dan persentase peningkatan. Pada siklus I, observasi penerapan model
TGT memperoleh skor 67 pada kategori cukup, dan skor angket minat belajarsiswa
mendapat skor rata-rata 47,9, kemudian dilaksanakan refleksi tindakan setelah
siklus. Tindakan dilanjutkan pada siklus II, hasil observasi penerapan model TGT
memperoleh peningkatan dengan skor 87 pada kategori baik, selain itu hasil angket
minat belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan skor 64,6. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa, model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan
media aplikasi Plickers dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata
Pelajaran matematika di kelas IV SDN 02 Seberang Musi.
Kata Kunci: Team Games Tournament, Plickers, Minat Belajar Siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Team Games
Tournament berbantuan media Plickers, dan untuk meningkatkan minat belajar
siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian dialaksanakan di kelas IV SD
Negeri 02 Seberang Musi. Penelitian ini berjenis tindakan kelas. Metode penelitian
yang digunakan model spiral yang membentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah
Siswa kelas IV SDN 02 Seberang Musi dan Objek pada penelitian ini adalah minat
belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data
menggunakan purposive sampling. Teknik berupa penskoran yang akan diambil dan
diisikan pada tabel dengan bantuan program Microsoft Excel untuk menemukan
rata-rata, dan persentase peningkatan. Pada siklus I, observasi penerapan model
TGT memperoleh skor 67 pada kategori cukup, dan skor angket minat belajarsiswa
mendapat skor rata-rata 47,9, kemudian dilaksanakan refleksi tindakan setelah
siklus. Tindakan dilanjutkan pada siklus II, hasil observasi penerapan model TGT
memperoleh peningkatan dengan skor 87 pada kategori baik, selain itu hasil angket
minat belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan skor 64,6. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa, model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan
media aplikasi Plickers dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata
Pelajaran matematika di kelas IV SDN 02 Seberang Musi.
Kata Kunci: Team Games Tournament, Plickers, Minat Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 02:23 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 02:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22827 |