PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN ICE BREAKING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 09 BERMANI ILIR

Apriani, Syntia and Juarsa, Osa and Alexon, Alexon (2024) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN ICE BREAKING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 09 BERMANI ILIR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Syntia Apriani-A1G019039 - diah ayu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Make a Match berbantuan Ice Breaking dan menganalisis
peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V pada pembelajaran
tematik SDN 09 Bermani Ilir. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 09 Bermani
Ilir. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi, lembar tes, dan angket
motivasi belajar. Teknik analisis data tes menggunakan rumus rata – rata dan
persentase ketuntasan belajar klasikal. Sedangkan data angket motivasi belajar
dianalisis dengan menentukan skor maksimal dan skor minimalnya. Hasil
penelitian menunjukkan peningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Hal ini
terlihat dari hasil angket motivasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata – rata
sebesar 57,55 dengan kategori tinggi dan pada siklus II diperoleh rata – rata
sebesar 62,4 dengan kategori tinggi. Sedangkan untuk rata – rata prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran IPS siklus I memperoleh nilai rata – rata 78,15 dengan
ketuntasan belajar klasikal 73,68%. Pada siklus II mata pelajaran IPS memperoleh
nilai rata – rata 85 dengan ketuntasan belajar klasikal 94,73%. Sedangkan untuk
mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I memperoleh nilai rata – rata 71,84
dengan ketuntasan belajar klasikal 73,68%. Pada siklus II mata pelajaran Bahasa
Indonesia memperoleh nilai rata – rata 79,47 dengan ketuntasan belajar klasikal
89,47%. Dengan demikian, dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Make a Match berbantuan Ice Breaking dapat meningkatkan
motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 09
Bermani Ilir.
Kata kunci : Kooperatif Tipe Make a Match, Ice Breaking, Motivasi,
Prestasi, Tematik

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:23
Last Modified: 22 Oct 2024 02:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22830

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200