Pratama, Thaufiq Mieza and Muktadir, Abdul and Ariffiando, Nady Febri (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 81 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
THAUFIQ MIEZA PRATAMA_A1G020098-1_compressed - Thaufiq Mieza Pratama.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi
kesulitan membaca pada siswa kelas IV SD Negeri 81 Kota Bengkulu. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah guru dan siswa yakni guru kelas IV dan siswa kelas IV SD
Negeri 81 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan perpanjangan pengamatan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Strategi guru yang digunakan untuk mengatasi
kesulitan membaca pada siswa kelas IV SD Negeri 81 Kota Bengkulu yaitu (1)
mengindentifikasi dengan cara memberikankan bacaan (2) Pendekatan individual
dengan cara memberikan motivasi dan pendekatan individual (3) Memberikan
bimbingan secara individu dengan cara metode abjad dan jam tambahan (4)
Bekerjasama dengan orang tua dengan cara memanggil orang tua siswa untuk
membantu meneyelesaikan permasalahan (5) Membiasakan membaca bersama guru
melakukan membiasa membaca bersama pada saat sebelum memulai pembelajaran
dan sesudah pembelajaran. (6) Penerapan strategi kooperatif dengan cara membaca
bersama guru dn siswa (7) memenfaatkan pojok baca dengan cara mengintruksikan
untuk memanfaatkan pojok baca. Guru belum menggunakan media pemebelajaran
dalam mengatasi kesulitan membaca siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disumpulkan bahwa guru telah bimbingan terhadap siswa yang mengalami kesulitan
membaca dengan melakukan tujuh kegiatan kecuaili memanfaatkan media
pembelajaran.
Kata Kunci : Strategi Guru, kesulitan Membaca
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 02:23 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 02:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22831 |