PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS IA SDN 17 KOTA BENGKULU

Nurani, Tias Fitri and Lusa, Herman and Yuliantini, Nani (2024) PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS IA SDN 17 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Tias Fitri Nurani_A1G020040_compressed - tyas fitri12.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan membaca
permulaan siswa kelas IA SDN 17 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan PTK,
yang dilaksanakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IA
yang berjumlah 21 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar
observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata skor, skor
tertinggi dan terendah, selisih skor, serta kisaran untuk setiap kriteria. Hasil skor
aktivitas guru siklus I pertemuan 1 dan 2 diperoleh 44,5 (cukup) dan meningkat
menjadi 50,5 (baik). Pada siklus II pertemuan 1 dan 2 meningkat menjadi 60 (baik)
dan meningkat lagi menjadi 65,5 (baik). Untuk hasil skor rata-rata aktivitas siswa
siklus I pertemuan 1 dan 2 diperoleh skor 40,5 (cukup) dan meningkat menjadi 48
(cukup). Pada siklus II pertemuan 1 dan 2 meningkat menjadi 58,5 (baik) meningkat
menjadi lagi 60 (baik). Hasil tes kemampuan membaca permulaan siswa siklus I
dan 2 didapatkan ketuntasan belajar secara individu ada 10 siswa dengan ketuntasan
sebesar 47,61% dan terjadi peningkatan menjadi 12 siswa dengan ketuntasan
sebesar 57,24%. Pada siklus II pertemuan 2 terjadi peningkatan menjadi 14 siswa
dengan ketuntasan sebesar 66,66% meningkat menjadi 80,95%. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SAS berbantuan media kartu kata
bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas IA
SDN 17 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS), Aktivitas, Kemampuan
Membaca Permulaan

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:23
Last Modified: 22 Oct 2024 02:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22832

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200