Aini, Yuliyarti Wira and Yuliantini, Nani and Susanti, Atika (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KATA BERGAMBAR (KAKABAR) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I GUGUS VIII KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Yuliyarti Wira Aini (A1G020046)-PGSD_compressed - Yuli Yarti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
pembelajaran kartu kata bergambar (KAKABAR) terhadap kemampuan membaca
permulaan siswa kelas I gugus VIII Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu
dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Group Design.
Populasi pada penelitian ini adalah SDN Gugus VIII Kota Bengkulu. Sampel pada
penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 34 Kota Bengkulu sebagai kelompok
eksperimen dengan menggunakan media KAKABAR dan siswa kelas I SDN 18
Kota Bengkulu sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan media berupa
powerpoint. Instrumen penelitian menggunakan tes berbentuk soal pilihan ganda.
Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat, dan analisis
inferensial, yaitu uji-t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan
yang signifikan antara nilai rata-rata pada kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol. Hasil tersebut dibuktikan dari nilai thitung = 2,819 dan nilai Sig. (2-tailed)
bernilai 0,008 serta nilai distribusi ttabel adalah 1,691. Sehingga nilai thitung > ttabel
(2,819 > 1,691) dan sig.(2-tailed) sebesar 0,008 < 0,05. maka H0 ditolak dan Ha
diterima. Hal ini didasari oleh adanya perbedaan pemberian perlakuan antara
kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dengan demikian, dari hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media
pembelajaran kartu kata bergambar (KAKABAR) terhadap kemampuan membaca
permulaan siswa kelas I gugus VIII Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Media, Kartu Kata Bergambar, KAKABAR, Membaca Permulaan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 02:28 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 02:28 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22838 |